BEASISWA PRESTASI

Suatu program bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kepada calon mahasiswa baru sebagai juara I, II dan III dalam kegiatan akademik (misal Olimpiade, Debat Bahasa Inggris, Lomba Keterampilan Siswa,dan sebagainya) atau non akademik (misal seni atau olahraga) pada tingkat nasional dan atau internasional.

SYARAT PENDAFTARAN
  1. Administrasi pendaftaran Rp 200.000,-
  2. Pasfoto formal (warna background bebas)
  3. Ijazah/ Surat Keterangan Lulus atau Raport semester 1 s.d 5 (bagi yang belum dinyatakan lulus). Jika dokumen dalam bentuk fotokopi maka wajib dilegalisir.
  4. Sertifikat prestasi (baik bidang akademik atau non akademik) tingkat nasional atau internasional.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor layanan PMB UNIMMA, WAJIB MENYIAPKAN DOKUMEN SYARAT PENDAFTARAN DALAM BENTUK SOFT FILE DENGAN FORMAT PDF MAKSIMAL 1 MB

KETENTUAN PENDAFTARAN
  1. Mendaftar melalui sistem pendaftaran online.
  2. Dapat mengisikan 2 (dua) program studi pilihan.
  3. Berlaku untuk calon mahasiswa baru kelas reguler (kelas pagi).
  4. Biaya administrasi pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.
  5. Khusus program studi S1 Ilmu Keperawatan dan D3 Keperawatan syarat tinggi badan minimal 155 cm (putra), 150 cm (putri).
  6. Pendaftaran khusus Fakultas Ilmu Kesehatan pada program studi S1 Ilmu Keperawatan, S1 Farmasi, D3 Keperawatan, D3 Farmasi mempunyai syarat tidak buta warna dan wajib mendaftar tes lanjutan dengan biaya administrasi Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah), serta mengikuti tes lanjutan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  7. Calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima pada program studi pilihannya, tidak bisa mengajukan pindah program studi, tetapi diberi kesempatan mendaftar kembali.
  8. Calon mahasiswa baru yang telah mendaftar di salah satu jalur pendaftaran tertentu maka tidak diperbolehkan mengajukan pindah jalur seleksi, tapi diberi kesempatan mendaftar kembali.
CARA PENDAFTARAN
  1. Pendaftar (siswa/ mahasiswa) melakukan registrasi akun melalui sistem pendaftaran dengan mengisikan data berupa nama lengkap, nomor whatsapp, alamat email, kata sandi, konfirmasi kata sandi.
  2. Pendaftar akan menerima pesan melalui email yang terdaftar untuk aktivasi akun pendaftaran
  3. Mengisikan data pribadi dengan memasukkan email (username) dan kata sandi.
  4. Jika sudah berhasil masuk, mengisikan data pribadi secara lengkap yaitu nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, nomor handphone, nomor whatsapp, berkebutuhan khusus, dan upload foto formal.
  5. Mengisikan data alamat yaitu provinsi, kota/ kabupaten, kecamatan, desa/ kelurahan
  6. Mengisikan data sekolah yaitu nama sekolah, jurusan, dan tahun lulus
  7. Memilih jalur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Jalur Beasiswa Prestasi.
  8. Memilih program studi dan kelas, yaitu dengan mengisikan pilihan program studi pilihan 1 dan kelas, pilihan 2 dan kelas. Kemudian upload berkas pendaftaran berupa ijazah/ raport dan sertifikat prestasi.
  9. Memilih metode pembayaran pendaftaran. Kemudian mengunduh bukti pendaftaran.
  10. Melakukan proses pembayaran pendaftaran sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.
  11. Jika pembayaran pendaftaran sudah aktif, proses pendaftaran akan diverifikasi oleh admin layanan PMB. Admin akan menentukan tahun masuk, semester masuk, status masuk, dan cek berkas pendaftaran yang telah diupload oleh pendaftar.
  12. Melakukan seleksi Computer Based Test (CBT) secara online dengan jumlah 100 soal dan waktu pengerjaan maksimal 60 menit. Materi soal meliputi Tes Potensi Akademik (logika verbal, logika numerik, dan reasoning). Skor minimal kelulusan CBT lihat
  13. Mengikuti seleksi lanjutan (berlaku untuk jalur beasiswa dan khusus pendaftar Fakultas Ilmu Kesehatan)
  14. Sebelum mengunduh hasil pengumuman penerimaan, pendaftar wajib mengisi kuesioner yang tersedia. Bagi yang dinyatakan diterima dilanjutkan mengunduh surat pengantar pembayaran (SP2), dan prosedur daftar ulang.
  15. Melakukan pembayaran daftar ulang di Bank.
  16. Melengkapi data dan berkas daftar ulang.

ada kesulitan?

Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UNIMMA?

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UNIMMA.