Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Akreditasi Universitas Muhammadiyah Magelang

Pertanyaan :
Apakah akreditasi saat ini dari Universitas Muhammadiyah Magelang?

Jawaban :

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1114/SK/BAN-PT/Ak/PT/V/2024, menyatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Magelang terakreditasi Unggul.

2. Tempat layanan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru

Pertanyaan :

Dimanakah lokasi layanan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru?

Jawaban :

Lokasi layanan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru bertempat di Kampus 2 UNIMMA, Jl. Mayjend Bambang Soegeng KM. 5, Mertoyudan, Magelang (56172), Telepon 0293 326945, Ext. 2400
Konsultasi Daftar : 0895 2992 5555 / 0812 2773 8282

3. Gagal login akun pendaftaran

Pertanyaan :
Saya sudah buat akun pendaftaran, tapi tidak bisa login, bagaimana cara mengatasinya?

Jawaban :

  1. Jika sudah mendapatkan email aktifasi dari PMB UNIMMA, silakan buka email tersebut, kemudian klik tombol/ tulisan Aktifasi Akun Anda, kemudian dapat dilanjutkan login ke akun pendaftaran.
  2. Jika tidak mendapatkan email aktifasi di inbox, silakan cek spam email.
  3. Jika masih tidak mendapatkan email aktifasi, silakan konfirmasi ke hotline PMB.
4. Data tidak bisa disimpan

Pertanyaan :
Saya sudah berhasil login akun, tapi saat pengisian data tidak bisa disimpan, bagaimana cara mengatasinya?

Jawaban : 

  1. Pastikan pengisian penulisan nama tanpa tanda baca, baik tanda titik (.) maupun tanda lainnya.
  2. Pastikan penulisan nomor HP/ WA menggunakan nomor 0858xxxxxxx, bukan menggunakan +6285xxxxx dan tanpa penghubung (-).
  3. Pastikan juga pas foto formal sudah terupload.
5. Nama sekolah tidak muncul

Pertanyaan :
Nama sekolah saya tidak muncul pada pilihan, lalu saya harus mengisikan dengan apa?

Jawaban :

  1. Coba gunakan kata kunci, contoh SMAN 1 Magelang coba ketikkan 1 Magelang.
  2. Jika tetap tidak ditemukan, silakan kirim dokumen sekolah (foto ijazah/ SKL/ rapor) ke nomor hotline PMB untuk dapat disesuaikan.
6. Pilihan program studi

Pertanyaan :
Apakah pilihan prodi wajib diisikan 2 dan apakah boleh berbeda?

Jawaban :

  1. Pilihan prodi wajib diisikan 2 pilihan.
  2. Boleh dengan pilihan prodi yang sama maupun berbeda.
7. Tidak bisa upload berkas

Pertanyaan :
Saya sudah upload berkas tapi tidak bisa tersimpan, kendalanya dimana?

Jawaban :

  1. Pastikan berkas yg diupload sudah dalam bentuk file pdf maksimal 1MB.
  2. Pastikan berkas sudah terupload semua sesuai dengan kolom upload berkasnya.
  3. Jika dirasa sudah sesuai semua, silakan klik tombol simpan dan pilih metode pembayaran.
8. Tidak dapat melakukan pembayaran pendaftaran

Pertanyaan :
Saya sudah selesai pendaftaran, tapi tidak bisa melakukan pembayaran, apakah bisa kendala pada proses pendaftaran saya?

Jawaban :

  1. Pastikan sudah memilih metode pembayaran dari akun pendaftaran.
  2. Jika sudah dipilih, silakan ikuti cara pembayaran pada link berikut.
9. Bukti Pendaftaran

Pertanyaan :
Saya sudah selesai pendaftaran, dimana saya bisa mengunduh bukti pendaftaran?

Jawaban :

Bukti pendaftaran dapat di unduh di akun pendaftaran pada menu “Pendaftaran”

10. Verifikasi Berkas

Pertanyaan :
Berapa lama proses verifikasi berkas pendaftaran?

Jawaban :

  1. Berkas pendaftaran akan diverifikasi oleh admin setelah berhasil dilakukan pembayaran pendaftaran.
  2. Jika berkas sudah sesuai, maka admin akan memberikan informasi selanjutnya sesuai dengan jalur pendaftarannya.
  3. Jika berkas tidak sesuai, maka admin akan memberikan informasi terkait perbaikan berkas sesuai ketentuan.
11. Pengumuman Penerimaan

Pertanyaan :
Bagaimana saya mengetahui diterima atau tidak?

Jawaban :

  1. Bagi yang telah selesai mengikuti serangkaian seleksi penerimaan akan langsung mendapatkan informasi penerimaannya.
  2. Pengumuman penerimaan akan diinformasikan melalui nomor Whatsapp yang telah didaftarkan, untuk selanjutnya dapat mengunduh lembar pengumuman penerimaan di sistem pendaftaran.
  3. Bagi yang dinyatakan diterima maka melanjutkan proses pendaftaran berupa pembayaran biaya daftar ulang (UKT Tahap 1 semester 1).
  4. Bagi yang dinyatakan tidak diterima maka diperbolehkan melakukan pendaftaran kembali menggunakan akun pendaftaran yang sama.
12. Pembayaran Daftar Ulang

Pertanyaan :
Bagaimana caranya untuk melakukan pembayaran daftar ulang?

Jawaban :

  1. Pembayaran biaya daftar ulang dapat dilakukan secara tunai ke teller Bank Mandiri/ Jateng/ BNI.
  2. Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan melalui ATM maupun M-Banking semua jenis bank.
  3. Tata cara pembayaran daftar ulang dapat dilihat pada link berikut.
13. Pemberkasan Daftar Ulang

Pertanyaan :
Saya sudah melakukan pembayaran daftar ulang, bagaimana cara saya melakukan pemberkasan?

Jawaban :

  1. Buka akun pendaftaran Anda.
  2. Masuk pada menu Halaman Utama/ Home untuk melakukan upload berkas.
  3. Kemudian masuk pada menu Data Pribadi untuk melakukan update data.