Frequently Asked Questions (FAQ)
1. Akreditasi Universitas Muhammadiyah Magelang
Pertanyaan :
Apakah akreditasi saat ini dari Universitas Muhammadiyah Magelang?
Jawaban :
Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1114/SK/BAN-PT/Ak/PT/V/2024, menyatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Magelang terakreditasi Unggul.
2. Tempat layanan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru
Pertanyaan :
Dimanakah lokasi layanan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru?
Jawaban :
Lokasi layanan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru bertempat di Kampus 2 UNIMMA, Jl. Mayjend Bambang Soegeng KM. 5, Mertoyudan, Magelang (56172), Telepon 0293 326945, Ext. 2400
Konsultasi Daftar : 0895 2992 5555 / 0812 2773 8282
3. Gagal login akun pendaftaran
Pertanyaan :
Saya sudah buat akun pendaftaran, tapi tidak bisa login, bagaimana cara mengatasinya?
Jawaban :
- Jika sudah mendapatkan email aktifasi dari PMB UNIMMA, silakan buka email tersebut, kemudian klik tombol/ tulisan Aktifasi Akun Anda, kemudian dapat dilanjutkan login ke akun pendaftaran.
 - Jika tidak mendapatkan email aktifasi di inbox, silakan cek spam email.
 - Jika masih tidak mendapatkan email aktifasi, silakan konfirmasi ke hotline PMB.
 
4. Data tidak bisa disimpan
Pertanyaan :
Saya sudah berhasil login akun, tapi saat pengisian data tidak bisa disimpan, bagaimana cara mengatasinya?
Jawaban :
- Pastikan pengisian penulisan nama tanpa tanda baca, baik tanda titik (.) maupun tanda lainnya.
 - Pastikan penulisan nomor HP/ WA menggunakan nomor 0858xxxxxxx, bukan menggunakan +6285xxxxx dan tanpa penghubung (-).
 - Pastikan juga pas foto formal sudah terupload.
 
5. Nama sekolah tidak muncul
Pertanyaan :
Nama sekolah saya tidak muncul pada pilihan, lalu saya harus mengisikan dengan apa?
Jawaban :
- Coba gunakan kata kunci, contoh SMAN 1 Magelang coba ketikkan 1 Magelang.
 - Jika tetap tidak ditemukan, silakan kirim dokumen sekolah (foto ijazah/ SKL/ rapor) ke nomor hotline PMB untuk dapat disesuaikan.
 
6. Pilihan program studi
Pertanyaan :
Apakah pilihan prodi wajib diisikan 2 dan apakah boleh berbeda?
Jawaban :
- Pilihan prodi wajib diisikan 2 pilihan.
 - Boleh dengan pilihan prodi yang sama maupun berbeda.
 
7. Tidak bisa upload berkas
Pertanyaan :
Saya sudah upload berkas tapi tidak bisa tersimpan, kendalanya dimana?
Jawaban :
- Pastikan berkas yg diupload sudah dalam bentuk file pdf maksimal 1MB.
 - Pastikan berkas sudah terupload semua sesuai dengan kolom upload berkasnya.
 - Jika dirasa sudah sesuai semua, silakan klik tombol simpan dan pilih metode pembayaran.
 
8. Tidak dapat melakukan pembayaran pendaftaran
Pertanyaan :
Saya sudah selesai pendaftaran, tapi tidak bisa melakukan pembayaran, apakah bisa kendala pada proses pendaftaran saya?
Jawaban :
- Pastikan sudah memilih metode pembayaran dari akun pendaftaran.
 - Jika sudah dipilih, silakan ikuti cara pembayaran pada link berikut.
 
9. Bukti Pendaftaran
Pertanyaan :
Saya sudah selesai pendaftaran, dimana saya bisa mengunduh bukti pendaftaran?
Jawaban :
Bukti pendaftaran dapat di unduh di akun pendaftaran pada menu “Pendaftaran”
10. Verifikasi Berkas
Pertanyaan :
Berapa lama proses verifikasi berkas pendaftaran?
Jawaban :
- Berkas pendaftaran akan diverifikasi oleh admin setelah berhasil dilakukan pembayaran pendaftaran.
 - Jika berkas sudah sesuai, maka admin akan memberikan informasi selanjutnya sesuai dengan jalur pendaftarannya.
 - Jika berkas tidak sesuai, maka admin akan memberikan informasi terkait perbaikan berkas sesuai ketentuan.
 
11. Pengumuman Penerimaan
Pertanyaan :
Bagaimana saya mengetahui diterima atau tidak?
Jawaban :
- Bagi yang telah selesai mengikuti serangkaian seleksi penerimaan akan langsung mendapatkan informasi penerimaannya.
 - Pengumuman penerimaan akan diinformasikan melalui nomor Whatsapp yang telah didaftarkan, untuk selanjutnya dapat mengunduh lembar pengumuman penerimaan di sistem pendaftaran.
 - Bagi yang dinyatakan diterima maka melanjutkan proses pendaftaran berupa pembayaran biaya daftar ulang (UKT Tahap 1 semester 1).
 - Bagi yang dinyatakan tidak diterima maka diperbolehkan melakukan pendaftaran kembali menggunakan akun pendaftaran yang sama.
 
12. Pembayaran Daftar Ulang
Pertanyaan :
Bagaimana caranya untuk melakukan pembayaran daftar ulang?
Jawaban :
- Pembayaran biaya daftar ulang dapat dilakukan secara tunai ke teller Bank Mandiri/ Jateng/ BNI.
 - Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan melalui ATM maupun M-Banking semua jenis bank.
 - Tata cara pembayaran daftar ulang dapat dilihat pada link berikut.
 
13. Pemberkasan Daftar Ulang
Pertanyaan :
Saya sudah melakukan pembayaran daftar ulang, bagaimana cara saya melakukan pemberkasan?
Jawaban :
- Buka akun pendaftaran Anda.
 - Masuk pada menu Halaman Utama/ Home untuk melakukan upload berkas.
 - Kemudian masuk pada menu Data Pribadi untuk melakukan update data.