PINDAH STUDI

Ditujukan khusus untuk calon mahasiswa baru kelas reguler yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta dan belum dinyatakan lulus, serta telah menempuh minimal 2 semester. Berasal dari program studi yang terakreditasi minimal berperingkat sama atau lebih tinggi dengan program studi tujuan, serta status mahasiswa dari Perguruan Tinggi sebelumnya wajib terdaftar pada sistem PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id/), dengan mahasiswa tersebut tidak dalam status dikeluarkan, baik karena drop out atau sebab lainnya, serta mendapat rekomendasi dari Ketua Program Studi tujuan.

SYARAT PENDAFTARAN
  1. Administrasi pendaftaran Rp 200.000,-.
  2. Pasfoto formal (warna background bebas).
  3. Surat pindah studi dari Perguruan Tinggi asal.
  4. Transkrip nilai yang pernah ditempuh dari Perguruan Tinggi asal.
  5. Surat rekomendasi pendaftaran PMB.
  6. Hasil konversi nilai matakuliah dari Ketua Program Studi tujuan.
KETENTUAN PENDAFTARAN
  1. Mendaftar melalui sistem pendaftaran online.
  2. Mengisikan 2 (dua) program studi pilihan.
  3. Biaya administrasi pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.
  4. Calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima pada program studi pilihannya, tidak bisa mengajukan pindah program studi, tetapi diberi kesempatan mendaftar kembali (dengan mengajukan undur diri di layanan PMB dari program studi diterimanya).
  5. Khusus calon mahasiswa baru jalur pindah studi wajib mendapat rekomendasi pendaftaran dari dan sekaligus mendapat hasil konversi matakuliah yang disetujui oleh Ketua Program Studi tujuan.
CARA PENDAFTARAN
  1. Register Akun melalui sistem pendaftaran.
  2. Aktifasi akun melalui pesan masuk ke email yang terdaftar.
  3. Login dengan akun yang telah aktif dengan username dan password yang telah terdaftar.
  4. Mengisi formulir dan upload syarat berkas pendaftaran di sistem.
  5. Pilih metode Pembayaran dan lakukan pembayaran pendaftaran sesuai ketentuan. Info Cara Bayar Pendaftaran
  6. Berkas pendaftaran akan diverifikasi oleh admin PMB.
  7. Klik Pengumuman Penerimaan, isi kuesioner dan unduh pengumuman. Jika dinyatakan diterima maka melanjutkan langkah nomor 8, jika tidak diterima maka pendaftaran selesai (diberi kesempatan mendaftar kembali dengan akun yang sama).
  8. Unduh prosedur daftar ulang dan unduh SP2 (surat pengantar pembayaran) melalui sistem pendaftaran.
  9. Melakukan pembayaran daftar ulang melalui Bank. Info Cara Bayar Daftar Ulang
  10. Pemberkasan daftar ulang melalui sistem pendaftaran.

ada kesulitan?

Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UNIMMA?

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UNIMMA.