BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN

Pendaftaran siswa yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah kabupaten/ kota melalui sistem https://puslapdik.kemdikbud.go.id/, selanjutnya diseleksi oleh Puslapdik dan Perguruan Tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil seleksi administrasi di Universitas Muhammadiyah calon mahasiswa baru kelas reguler yang memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa ADik-ADEM maka dapat dinyatakan diterima dan berhak melakukan daftar ulang sesuai ketentuan. Tidak dikenakan biaya administrasi pendaftaran.

SYARAT PENDAFTARAN
  1. Bebas biaya administrasi pendaftaran.
  2. File foto formal setengah badan, warna background bebas dengan format file JPEG.
  3. File scan ijazah terakhir/ Surat Keterangan Lulus/ Raport semester 1 s.d 5 (bagi yang belum dinyatakan lulus SMA/ MA/ SMK/ Sederajat) berupa dokumen asli dengan format file PDF maksimal 1 MB.
  4. File Kartu Tanda Penduduk, berupa dokumen asli dan berwarna dengan format file PDF maksimal 1 MB.
  5. File scan dokumen akta kelahiran dan kartu keluarga dengan format file PDF maksimal 1 MB.
  6. Surat Keterangan Dokter (meliputi keterangan sehat, tinggi badan, berat badan, keterangan tidak buta warna). KHUSUS FAKULTAS ILMU KESEHATAN.
  7. Form Wawancara (unduh). KHUSUS FAKULTAS ILMU KESEHATAN.
  8. Form Kesanggupan Tidak Hamil bagi perempuan (unduh). KHUSUS FAKULTAS ILMU KESEHATAN.

    Pendaftaran dapat dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor layanan PMB UNIMMA pada jam kerja.
KETENTUAN PENDAFTARAN
  1. Mendaftar melalui sistem pendaftaran PMB UNIMMA.
  2. Mengisikan 2 (dua) program studi pilihan sesuai dengan surat keputusan dari Puslabdik Kemdikbud.
  3. Calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima pada program studi sesuai dengan surat keputusan dari Puslabdik Kemdikbud, tidak bisa mengajukan pindah program studi.
CARA PENDAFTARAN
  1. Register Akun melalui sistem pendaftaran.
  2. Aktivasi akun melalui pesan masuk ke email yang terdaftar.
  3. Login dengan akun yang telah aktif dengan username dan password yang telah terdaftar.
  4. Mengisi formulir pendaftaran dan upload syarat berkas pendaftaran di sistem.
  5. Berkas pendaftaran akan diverifikasi oleh admin PMB.
  6. Jika dinyatakan lolos seleksi administrasi dari layanan PMB akan memproses penerimaan di sistem pendaftaran.
  7. Selajutnya calon mahasiswa dapat melihat pengumuman seleksi pendaftaran dengan melakukan klik pengumuman penerimaan, isi kuesioner dan unduh pengumuman. Jika dinyatakan diterima maka melanjutkan langkah selanjutnya, jika tidak diterima maka pendaftaran selesai (diberi kesempatan mendaftar kembali dengan akun yang sama).
  8. Unduh prosedur daftar ulang dan unduh SP2 (surat pengantar pembayaran) melalui sistem pendaftaran.
  9. Pemberkasan daftar ulang melalui sistem pendaftaran.
INFORMASI BIAYA UKT JALUR BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN

Informasi biaya UKT Jalur Beasiswa Afirmasi Pendidikan Unduh Disini

ada kesulitan?

Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UNIMMA?

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UNIMMA.