PINDAH STUDI

Merupakan jalur penerimaan yang ditujukan khusus untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta dan belum dinyatakan lulus, minimal sudah menempuh perkuliahan 2 semester di Perguruan Tinggi asal. Berasal dari program studi yang terakreditasi minimal berperingkat sama atau lebih tinggi dengan program studi tujuan.

  1. Rekomendasi Pendaftaran dari Ketua Program Studi tujuan.
  2. Surat pindah dari Perguruan Tinggi asal.
  3. Transkrip nilai sementara dari Perguruan Tinggi asal.
  4. Printout status mahasiswa dan profil program studi dari Perguruan Tinggi asal (sumber : https://pddikti.kemdikbud.go.id/)
  5. Ijazah SMA/ Sederajat.
  6. Pasfoto berwarna (background biru).
  7. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).
  8. Hasil konversi matakuliah yang telah disahkan oleh Ketua Program Studi tujuan.

Semua dokumen asli berkas syarat pendaftaran discan dalam bentuk format file pdf (semua dokumen digabungkan menjadi 1 file), jika dokumen dalam bentuk fotokopi wajib dilegalisir.

Contoh Format Penamaan File pdf : DANANG SURYANTO_SMA N 01 MAGELANG

  • Berasal dari program studi yang terakreditasi minimal berperingkat sama atau lebih tinggi dengan program studi tujuan.
  • Data mahasiswa dari Perguruan Tinggi sebelumnya harus sudah terdaftar pada sistem PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id/).
  • Syarat calon mahasiswa baru pindah studi, minimal sudah menempuh perkuliahan 2 semester di Perguruan Tinggi asal.
  • Konsultasi Ketua Program Studi tujuan (konsultasi konversi matakuliah, mendapat persetujuan atau tidaknya untuk mendaftar, dan lain-lain).
  • Hanya berlaku untuk program studi yang bersedia menerima mahasiswa pindah studi untuk kelas reguler atau paralel sesuai ketentuan dari masing-masing program studi (berdasarkan konsultasi dan rekomendasi untuk mendaftar dari Ketua Program Studi).
  1. Mengisikan form rekomendasi yang telah disediakan di Bagian Layanan PMB untuk dikirimkan ke Ketua Program Studi dan dilanjutkan konsultasi proses konversi matakuliah.
  2. Setelah mendapat rekomendasi untuk mendaftar dan hasil konversi matakuliah, silakan lakukan register akun pendaftaran Jalur Pindah Studi melalui https://pmb.unimma.ac.id/pindah-studi/
  3. Login pada email saudara yang telah terdaftar untuk melihat pesan yang masuk.
  4. Melakukan pembayaran pendaftaran di Bank sejumlah Rp 200.000,- menggunakan nomor pembayaran yang telah dikirim melalui email yang terdaftar.
  5. Jika pembayaran sudah aktif, silakan melakukan pengisian formulir pendaftaran lengkap, melalui menu login pada https://pmb.unimma.ac.id/login/
  6. Mengirim syarat pendaftaran ke salah satu nomor WhatsApp PMB UNIMMA.
  7. Verifikasi data pendaftar oleh Bagian Layanan PMB.
  8. Berdasarkan hasil verifikasi berkas pendaftaran untuk pengumuman penerimaan dapat diakses melalui https://pmb.unimma.ac.id/pengumuman/auth
  9. Bagian Layanan PMB memberikan informasi tentang pengantar pembayaran daftar ulang ke Bank dan info prosedur daftar ulang.
  10. Calon mahasiswa melakukan pembayaran daftar ulang (Angsuran 1) ke Bank.
  11. Calon mahasiswa mengirim berkas daftar ulang di Layanan Akademik sesuai prosedur.

ada kesulitan?

Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UNIMMA?

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UNIMMA.

Anda juga dapat menghubungi petugas kami untuk mendapatkan pelayanan. Silahkan hubungi kami via email  pmb@unimma.ac.id atau hotline PMB UNIMMA di